bagaimana cara agar akun yang di disabled atau dinonaktifkan dapat aktif kembali? berikut tips dari saya .
iklan
Friday, 19 July 2019
Apa yang harus dilakukan ketika akun adsense disabled?
hai kali ini saya akan memberi tips jika akun adsense blog kalian sedang didisabled oleh google.
bagaimana cara agar akun yang di disabled atau dinonaktifkan dapat aktif kembali? berikut tips dari saya .
bagaimana cara agar akun yang di disabled atau dinonaktifkan dapat aktif kembali? berikut tips dari saya .
Wednesday, 17 July 2019
"WAN" Wide Area Network pengertian, fungsi dan kelebihan kekurangannya. ~sevenfive media
Wan WIDE AREA NETWORK
Pengertian wan
adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana dan fasilitas transmisi misalnya telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, hingga 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih).pada sebagian besar (wan) komponen yang dipakai dalam komunikasi terdiri dua komponen yaitu transmisi dan juga elemen switching.Kabel transmisi berguna untuk memindahkan bit-bit dari sutu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini ialah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih.
Fungsi dari Wan :
fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan jaringan LAN. WAN juga berguna sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut ialah router.Kelebihan dari WAN :
- Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas sehingga berbisnis dengan jarak jauh dapat terhubung dengan jaringan ini
- Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations.
- Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain pada jaringan ini.
- Hal-hal yang mahal (seperti printer atau saluran telepon ke internet) dapat dibagi oleh semua komputer pada jaringan ini tanpa harus membeli perangkat yang berbeda untuk setiap komputernya.
- Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama. hal ini untuk menghindari masalah dimana beberapa pengguna mungkin memiliki informasi lebih tua daripada yang lain.
- Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar
- Besar jaringan penutup.
Kekurangan WAN :
- Biaya operasional mahal.
- Dalam hal settingan atau pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
- Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan bisa mengganggu jaringan ini.
- Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.
Tuesday, 16 July 2019
Production dalam animasi
Production dalam pembuatan animasi
Production pipeline
Production pipeline dalam animasi merupakan proses penciptaan suatu animasi dimulai dari pengembangan cerita sampai pada proses penyelesaian suatu film animasi.
Pada dasarnya ada 3 tahapan dalam Production pipeline animasi pada umumnya, yaitu tahap :
1. Pre-production ( pra-produksi ) : merupakan suatu tahap yang dimulai dari suatu ide cerita, pengembangan cerita animasi, pembuatan concept , design karakter, storyboard serta animatic awal untuk mengetahui timing animasi secara keseluruhan.
2. Production ( produksi ) : yaitu suatu tahap dimana proses pembuatan modeling 3d suatu karakter dan props yang sudah disetujui dimulai. Diikuti dengan proses texturing, rigging karakter, layout animasi untuk preview dan penggerakkan animasi sesuai dengan timing dari layout yang sudah dibuat , lighting serta rendering dan pemberian visual effect.
3. Post Production ( post-produksi ) : merupakan tahap dimana hasil animasi dari tahap produksi digabungkan dalam proses compositing, pemberian effect tambahan, pembetulan warna ( color correction ), pemberian audio, serta finalisasi sampai menjadi suatu produk animasi akhir.
Memasuki tahap produksi berarti film animasi yang ingin diproduksi sudah memasuki tahap dimana semua proses pra-produksi yaitu penentuan cerita serta penulisan script nya, pembuatan concept karakter dan props yang akan dibuat, alur cerita storyboard dan timing animatic sudah disetujui oleh director, produser serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam pembuatan animasinya.
Pada dasarnya ada 3 tahapan dalam Production pipeline animasi pada umumnya, yaitu tahap :
1. Pre-production ( pra-produksi ) : merupakan suatu tahap yang dimulai dari suatu ide cerita, pengembangan cerita animasi, pembuatan concept , design karakter, storyboard serta animatic awal untuk mengetahui timing animasi secara keseluruhan.
2. Production ( produksi ) : yaitu suatu tahap dimana proses pembuatan modeling 3d suatu karakter dan props yang sudah disetujui dimulai. Diikuti dengan proses texturing, rigging karakter, layout animasi untuk preview dan penggerakkan animasi sesuai dengan timing dari layout yang sudah dibuat , lighting serta rendering dan pemberian visual effect.
3. Post Production ( post-produksi ) : merupakan tahap dimana hasil animasi dari tahap produksi digabungkan dalam proses compositing, pemberian effect tambahan, pembetulan warna ( color correction ), pemberian audio, serta finalisasi sampai menjadi suatu produk animasi akhir.
Memasuki tahap produksi berarti film animasi yang ingin diproduksi sudah memasuki tahap dimana semua proses pra-produksi yaitu penentuan cerita serta penulisan script nya, pembuatan concept karakter dan props yang akan dibuat, alur cerita storyboard dan timing animatic sudah disetujui oleh director, produser serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam pembuatan animasinya.
Tahap yang terdapat dalam proses produksi yaitu :
- modelling
- layout
- texturing
- rigging
- vfx
- animasi
- lighting
- renderring
untuk kalian yang ingin mengetahui proses pra- produksi kalian bisa kunjungi dapoeranimasi.com
sekian dari saya terimakasih .
Saturday, 13 July 2019
Apa Itu startUP? tips membangun startup sendiri.
Apa itu startup?
Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.Pada dasarnya startup (atau start-up) adalah sebuah perusahaan yang berjalan dibawah 5 tahun alias perusahaan yang baru saja dirintis.
Tips membangun startup :
- Jadilah founder yang cerdas
- Rekrut orang jenius
- Visi dan misi sebagai landasan utama
- Bangun sosmed yang kuat
- Berani berinovasi
Startup diindonesia :
Untuk di Indonesia sendiri perkembangannya cukup bagus dan mengembirakan. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.Contoh startup lokal di indonesia
1. Gojekmerupakan sebuah aplikasi transportasi umum sepeda motor dengan menawarkan berbagai fitur, misal Go-Food, Go-Pay dan fitur lainnya yang menarik.
2. Tokopedia
merupakan sebuah aplikasi olshop, yang menyediakan berbagai kebutuhan terlengkap. sehingga memudahkan para konsumen. dengan memanfaatkan jaringan internet.
3. Bukalapak Dll.
sama seperti Tokopedia hanya berbeda fitur menarik yang ditawarkannya, yakni sebuah aplikasi olshop, yang menyediakan berbagai kebutuhan terlengkap. sehingga memudahkan para konsumen. dengan memanfaatkan jaringan internet.
Friday, 10 May 2019
Animasi 3D, Pengertian, shortcut blender, dan latihan soal animasi 3dimensi.
ANIMASI 3D
A. Pengertian animasi 3dimensi
Animasi 3d yaitu suatu penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3dimensi. Hal ini dibuat dengan membuat frame dengan mensimulasikan masing masing gambar, diFilmkan dengan kamera virtual yang outputnya dalam bentuk video yang sudah direndering. Animasi 3d sendiri merupakan pengembangan dari animasi2d dimana objek dari animasi terlihat hidup.
B. Shortcut blender
1. shortcut
• G = geser
• S = scalling
• R = rotate
• Z = menggunakan mode wireframe
• Alt + “Key” = untuk undo/mereset/mengembalikan ke proses semula, misalnya “Alt+R” berarti mengembalikan obyek ke bentuk sebelum di rotasi, “Alt+S” berarti mengembalikan obyek ke bentuk sebelum di scalling.
• A = select All
• n = n properties
• t = memunculkan/menyembunyikan “object tools”
• K = untuk memunculkan knife (pisau), untuk mengakhiri pemotongan ini gunakan “space”.
• M = disini nanti akan ada pilihan “move to layer”.
• F = dalam edit mode, ketika kita mengaktifkan beberapa vertex, maka kita dapat membuat face baru dengan menekan tombol F.
• Ctrl + Alt + S = scale menipis
• Shift + A = Add
• Shift + D = duplicate
• Shift + S = snap
• Shift + C = snap cursor to center.
• Shift + G = select similar
• Shift + space = menampilkan full screen pada bagian tertentu
• ctrl + j = join (menggabungkan benda)
• ctrl + p = set parent to. (mungkin semisal grouping obyek).
• tab = untuk berpindah ke edit mode / object mode
• ctrl + tab = ketika dalam fase edit mode, digunakan untuk memilih seleksi yang digunakan. misal : vertex, edge, ataupun face.
• ctrl + e = pengaturan tambahan pada edge.
• shift + space = agar area kerja tertentu menjadi full screen. (misal : timeline, area kerja, dll). Untuk mengembalikannya tinggal tekan “shift + space” lagi..
• + = zoom in, – = zoom out
• F6 = untuk menampilkan menu tambahan, misalnya menambah atau mengurangi verticle, radius, depth, dkk. Biasanya hanya akan muncul ketika suatu obyek baru pertama kali dibuat.
• shift+h = untuk menghidden obyek selain yang diseleksi.
• alt+h = untuk menampilkan kembali obyek yang di hidden tadi.
• ctrl+n = untuk mengembalikan obyek kedalam bentuk normal.
2. Seleksi
• B = membuat block selection (border select)
• C = membuat block selection dalam bentuk lingkaan (cirlcle select). Circle select ini agak unik karena kita bisa menggeser cursor hingga mengenai obyek-obyek lainnya yang mana nantinya obyek tersebut akan terselect.
• Ctrl + (geser klik kiri) = untuk menyeleksi obyek yang ada dalam range yang telah kita buat menggunakan shortcut ctrl+left_mouse tadi.
3. Shortcut (tampak/tampilan)
• 7 = tampak atas
• 1 = tampak depan
• 3 = tampak kanan
• 5 = untuk tampak perspektif / tidak
• 0 = seperti tampak fokus langsung dari kamera.
4. Edit Mode
• w = special. (ini nanti dapat digunakan untuk switch direction).
• y = untuk memisahkan face yang dipilih.
• h = untuk menyembunyian (hidden) face yang dipilih.
5. Istilah lain di blender
Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:
a. vertex : menyeleksi dari sisi sudut
b. edge : menyeleksi dari tepi garis
c. face : menyeleksi dari tengah titik
d. edit mode : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
e. object mode : mode object secara utuh.
f. Render : melihat hasil gambar.
g. Material : untuk pewarnaan
h. Texture : untuk menambahkan texture.
C. Proses pembuatan 3d
Saat ingin membuat animasi 3d ada beberapa proses yang harus diperhatikan misalnya sebagai berikut :
- Modelling, proses pembuatan objek 3d dikomputer. model dapat beruba manusia, hewan, tumbuhan atau berupa benda mati seperti mobil atu motor. untuk lebih proporsional model yang dibuat harus sesuai dengan sketsa desain atau model yang dibuat.
- Texturing, proses pembuatan pemberian warna dan material objek yang sudah dimodelkan sebelumnya sehingga lebih tampak suatu kesan nyata.
- Rigging merupakan proses pembuatan tulang. atau fungsi pada objek yang fungsinya sama seperti tulang.
- Lighting, Proses pembuatan atau poemberian cahaya pada objek sehingga diperoleh kesan visual yang realistis. karena ada kesan bayangan (shadow).
- Tracing yaitu proses membuat objek 3d dengan teknik meniru atu menjiplak objek gambar.
- Render yaitu proses akhir dari pembuatan animasi, atau cara kerjanya merubah format file dari software aplikasi pengolah 3dimensi menjadi bentuk file film atu video seperti mp4 atau yang lainnya.
- Animasi / animation yaitu proses membuat objek menjadi bergerak atau hidup.
D. Software 3 Dimensi
Banyak sekali software software yang dapat digunakan dalam pembuatan animasi 3dimensi diantaranya Auto desk Maya, Auto desk Maya 3DMask, Posser, Zbrush, lightwave, Carara, cinema 4d, Autodesk Mudbox, Dan Blender.
E. Contoh Animasi 3D
1. Toys story
2. Adit sopo jarwo
3. Paranorman
SOAL TEORI KOMPETENSI ANIMASI 3 D :
1. ketika kita hendak merender, maka tombol pada keyboard untuk mengeluarkan perintah menu render adalah ...
- F9
- F4
- 8
- M
- H
2. untuk mengembalikan tampilan poligon pada obyek, maka yang ditekan pada keyboard adalah
- F10
- F4
- 8
- M
- H
3. Alasan kita menggunakan shortcut
- mempermudah pekerjaan dengan menyingkat waktu dalam memberi perintah.
- supaya kita lebih mudah memahami software
- supaya keyboardnya tidak menjadi sia-sia
- ada beberapa perintah yang hanya bisa dilakukan dengan keyboard
- supaya pekerjaan kita lebih akurat
4. “Alt+R” berarti ...
- mengembalikan obyek ke bentuk sebelum di rotasi
- mengembalikan obyek ke bentuk awal
- supaya kita lebih mudah memahami software
- supaya keyboardnya tidak menjadi sia-sia
- mengembalikan obyek ke bentuk sesudah dirotasi
5. menyeleksi dari tepi garis yaitu ...
- vertex
- face
- object mode
- edge
Pengertian animasi, Teknik, Prinsip dan kumpulan soal animasi 2D
Animasi 2 Dimensi
sering kali kita mendengar kata animasi, bahkan animasi dicintai oleh berbagai jenjang umur mulai dari anak kecil bahkan sampai orang dewasa, bahkan tua untuk itu apa sih animasi itu? ada berapa jenis animasi? kali ini membahas mengenai animasi 2d. untuk itu simak artikel berikut.
A. Pengertian animasi 2 Dimensi
Disebut animasi dua dimensi, karena 2D mempunyai ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis). animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata.
B. Teknik Animasi Dua Dimensi
Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam proses pembuatannya, antara lain dengan sistem :
Cell Technique (Film Animasi Teknik Sel)
Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
Teknik Computing 2D
Teknologi komputer memungkinkan penggunanya untuk tidak melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang. Hanya dengan copy dan paste maka gambar yang sama dapat digandakan dan diolah kembali, diperbesar, diperkecil, ditambah maupun dikurangi setiap elemennya. Kemudahan dalam segi fasilitas yang ditunjang oleh teknologi ini memungkinkan setiap kita bisa mempelajarinya untuk membuat sebuah animasi, baik berupa film maupun animasi sederhana.
Teknik Computing 3D
Berbeda dengan teknologi animasi 2D, pada teknik 3D atau tiga dimensi, ilusi yang disuguhkan terkesan memiliki ruang dan kedalaman. Pada gambar yang hanya memiliki dimensi (ukuran) panjang dan lebar (2D) kesan kedalaman belumlah muncul. Ketika dimensi ke tiga (kedalaman) berperan, maka ilusi tersebut baru terlihat nyata.
Stop motion animation
Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
C. Prinsip Animasi
12 prinsip animasi merupakan prinsip dasar animasi yang diciptakan oleh animator Disney, Frank Thomas & Ollie. Berikut 12 prinsip ini adalah:
- Squash and strecth
Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga -seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup akan memberikan ‘enhancement’ sekaligus efek dinamis terhadap gerakan/ action tertentu, sementara pada benda mati penerapan squash and stretch akan membuat mereka (benda-benda mati tersebut) tampak atau berlaku seperti benda hidup.
- Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/ awalan gerak atau ancang-ancang.
- Staging
Seperti halnya yang dikenal dalam film atau teater, staging dalam animasi juga meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
- Straight Ahead Action and Pose to Pose
Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.
Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/ dilanjutkan oleh asisten/ animator lain.
- Follow Through and Overlapping Action
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.
Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping).
- Slow In and Slow Out
Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.
- Arcs
Arcs yaitu suatu, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya).
- Secondary action
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.
- Timing
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, dengan menggerakan animasi dengan waktu yang sesuai dan tepat tetapi perhitungan waktu itu memerlukan perhitungan yang cukup matang agar pergerakan tidak terlalu terlambat dan tidak terlalu cepat.
- Exaggeration
Exaggeration adalah gerakan pengembangan dari gerakan normal dan bersifat dilebihlebihkan atau upaya untuk mendukung suatu animasi dalam bentuk rekayasa gambar, musik atau latar belakang yang bersifat hiperbolis.
- Solid drawing
Solid drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2d memiliki unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku dan tampak 3d.
- Appeal
appeal adalah prinsip bahwa suatu karakter memiliki nilai personality tersendiri, dan suatu karakter periang tentu akan memiliki mata dan pergerakan yang berbeda dengtokoh yang pemurung atau pemalu.
D.Software atau aplikasi membuat animasi 2d
1. Adobeflash
2. Anime studio
3. Synfig studio
E. Contoh Animasi 2d
1. Sinchan
2. Naruto
3. Spongesbob dll.
F. Soal animasi 2d
1. Kata animasi berasal dari bahasa Inggris yaitu…
- Animate
- Anime
- Animation
- Anim
- Anim dan motion
2. Suatu perintah yang diletakan pada suatu frame atau object sehingga frame atau object tersebut akan menjadi interaktif adalah
- Properties
- Action script
- Frame
- Timeline
- Animation
3. Teknik animasi ada 2 yaitu...
- Teknik animasi manual dan teknik animasi 2D komputer
- Teknik animasi frame by frame dan Teknik animasi manual
- Teknik animasi frame by frame dan Teknik tweened animation
- Teknik animasi 2D computer dan Teknik tweened animation
- Teknik animasi manual dan Teknik tweened animation
4. Suatu cabang perintah untuk menentukan karakteristik suatu objek adalah......
- Properties
- Action script
- Frame
- Timeline
- Tool box
5. Perangkat yang digunakan secara otomatis menghentikan mesin ketikan
sesuatu tidak beres adalah...
- Stop motion
- Animasi sel/ cel technique
- Animasi clay
- Animasi cut out
- Animasi pasir
6. Animasi Stop Motion adalah…
- teknik aimasi menggunakan video
- teknik aimasi menggunakan fotografi yang pengambilan gambarnay frame by frame untuk membuat objek statis menjadi tampak bergerak
- Animasi dengan biaya produksi termahal
- Animasi yang smemiliki sejarah pendek dalam perfilman
Gambar diatas merupakan proses pembuatan video stop motion pada tahapan…
- Menentukan durasi
- Memasukan Foto
- Menyimpan Obyek
- Editing foto
- Drag Foto
8. Bagian Judul (Berisi tentang Judul, Episode, Scene, dan Halaman ) adalah komponen penyusun…
- Movie Maker
- Animasi
- Storyboard
- Frame
- Audio
Monday, 15 April 2019
Rencana Produksi Produk barang dan jasa
Rencana Produksi Produk
Didalam membuat laporan atau rencana produksi produk membutuhkan sistematika yang harus terpenuhi , untuk itu mari kita lihat contoh pada lampiran dibawah ini.
Pada rencana produk kali ini kita akan membuat produk stiker.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas segala karunia nikmatnya sehingga makalah pendidikan yang berjudul “Rencana Produksi Produk Stiker” ini dapat diselesaikan dengan maksimal, tanpa ada halangan yang berarti. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas akhir pendidikan mata pelajaran sistem komputer . Semoga dengan adanya makalah pendidikan ini dapat menyelesaikan tugas akhir semester gasal tahun ini. Makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi EYD, kosa kata, tata bahasa, etika maupun isi. Oleh karenanya penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian untuk kami jadikan sebagai bahan evaluasi.
Demikian, semoga makalah ini dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.
Tujuan dan Manfaat Pembuatan Produk
Tujuan dari pembuatan produk ini yaitu bertujuan mendapatkan pundi pundi penghasilan sebagai uang tambahan untuk membantu kebutuhan keluarga, dengan produk ini diharapkan banyak castumer atau pembeli atau masyarakat yang menggunakan produk ini, karena produk ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja, contohnya sebagai tanda kenang kenangan disebuah acara atau seminar atau juga sebagai keperluan lainnya yang memberi manfaat kepada sang pemilik usaha ataupun acara. Oleh karenanya dengan harga terjangkau produk ini diharapkan dapat membukakan rezeki bagi sang pemilik usaha ini.
Merk Produk : Stiker.en
Kegunaan Produk
Kegunaan dari produk stiker ini sendiri sangat luas, produk ini dapat dipergunakan untuk sovenir dalam acara seminar atu juga dalam kegiatan kopdar anak muda. Selain itu juga dapat digunakan untuk para parpol dalam masa kampanye seperti pemilihan caleg, walikota, atau juga pemimpin pemimpin lainnya. Stiker juga dapat digunakan sebagai promosi barang misalnya pembelian produk kaos yang gratis stiker (Free stiker).
Peralatan Kerja
Peralatan kerja yang digunakan mencakup seperti :1. Mesin cutting
2. Komputer
3. Alat penunjang(Scanner, Kamera Digital, Gunting,dll)
4. Gunting, penggaris dll.
Bahan Baku Yang digunakan
Bahan baku yang digunakan mencakup beberapa bahan diantaranya :1. Kertas stiker (terdapat berbagai macam kertas ada vinyl, skorlet dll)
2. Dan juga keterampilan tangan dari pendesain.
Proses Produksi
1. Pembuatan design di komputer, biasanya menggunakan software design seperti adobe photoshop atau coreldraw.2. Proses RIP yaitu memasukkan gambar dari corel atau photoshop ke dalam software RIP atau software cetak khusus mesin large format. Istilah gampangnya software RIP inilah yang akan mengatur warna dan kualitas cetakan agar sesuai dengan design yang kita buat. Software ini biasanya sudah diberikan ketika kita membeli mesin cetak digital large format.
3. Proses cetak atau proses transfer gambar dari komputer ke media cetak yaitu sticker vinyl.
4. Proses finishing atau proses akhir yang terdiri dari proses laminasi dan cutting. Laminasi bertujuan untuk meningkatkan daya kuat hasil cetakan agar lebih awet dan memberi tampilan yang lebih glossy atau doff. Sedangkkn proses cutting adalah memotong sticker sesuai pola atau bentuk yang diinginkan.
5. Packing dan sticker siap dikirim ke konsumen,
Penentuan harga jual
Penetapan harga JualDalam penetapan harga mengikuti harga pasar pada umumnya, yakni untuk stiker printing dipatok berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 sedangkan untuk Cutting berkisar Rp 1500 hingga Rp 3.000. hanya saja dalam pemesanan harga stiker dipatok berdasarkan panjang dan lebar stiker.
Pengemasan
Subscribe to:
Posts (Atom)