Friday 10 May 2019

Animasi 3D, Pengertian, shortcut blender, dan latihan soal animasi 3dimensi.

ANIMASI 3D

A. Pengertian animasi 3dimensi 

Animasi 3d yaitu suatu penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3dimensi. Hal ini dibuat dengan membuat frame dengan mensimulasikan  masing masing gambar, diFilmkan dengan kamera virtual yang outputnya dalam bentuk video yang sudah direndering. Animasi 3d sendiri merupakan pengembangan dari animasi2d dimana objek dari animasi terlihat hidup.

B. Shortcut blender

1. shortcut 

G = geser
S = scalling
R = rotate
Z = menggunakan mode wireframe
Alt + “Key” = untuk undo/mereset/mengembalikan ke proses semula, misalnya “Alt+R” berarti mengembalikan obyek ke bentuk sebelum di rotasi, “Alt+S” berarti mengembalikan obyek ke bentuk         sebelum di scalling.
A = select All
n = n properties
t = memunculkan/menyembunyikan “object tools”
K = untuk memunculkan knife (pisau), untuk mengakhiri pemotongan ini gunakan “space”.
M = disini nanti akan ada pilihan “move to layer”.
F = dalam edit mode, ketika kita mengaktifkan beberapa vertex, maka kita dapat membuat face            baru dengan menekan tombol F.
Ctrl + Alt + S = scale menipis
Shift + A = Add
Shift + D = duplicate
Shift + S = snap
Shift + C = snap cursor to center.
Shift + G = select similar
Shift + space = menampilkan full screen pada bagian tertentu
ctrl + j = join (menggabungkan benda)
ctrl + p = set parent to. (mungkin semisal grouping obyek).
tab = untuk berpindah ke edit mode / object mode
ctrl + tab = ketika dalam fase edit mode, digunakan untuk memilih seleksi yang digunakan.                  misal : vertex, edge, ataupun face.
ctrl + e = pengaturan tambahan pada edge.
shift + space = agar area kerja tertentu menjadi full screen. (misal : timeline, area kerja, dll).                Untuk mengembalikannya tinggal tekan “shift + space” lagi..
+ = zoom in, – = zoom out
F6 = untuk menampilkan menu tambahan, misalnya menambah atau mengurangi verticle,  radius, depth, dkk. Biasanya hanya akan muncul ketika suatu obyek baru pertama kali dibuat.
shift+h = untuk menghidden obyek selain yang diseleksi.
alt+h = untuk menampilkan kembali obyek yang di hidden tadi.
ctrl+n = untuk mengembalikan obyek kedalam bentuk normal.

2. Seleksi

B = membuat block selection (border select)
C = membuat block selection dalam bentuk lingkaan (cirlcle select). Circle select ini agak unik karena kita bisa menggeser cursor hingga mengenai obyek-obyek lainnya yang mana nantinya         obyek tersebut akan terselect.
Ctrl + (geser klik kiri) = untuk menyeleksi obyek yang ada dalam range yang telah kita buat menggunakan shortcut ctrl+left_mouse tadi.

3. Shortcut (tampak/tampilan)

7 = tampak atas
1 = tampak depan
3 = tampak kanan
5 = untuk tampak perspektif / tidak
0 = seperti tampak fokus langsung dari kamera.

4. Edit Mode

w = special. (ini nanti dapat digunakan untuk switch direction).
y = untuk memisahkan face yang dipilih.
h = untuk menyembunyian (hidden) face yang dipilih.

5. Istilah lain di blender

Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:
a. vertex : menyeleksi dari sisi sudut
b. edge : menyeleksi dari tepi garis
c. face : menyeleksi dari tengah titik
d. edit mode : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
e. object mode : mode object secara utuh.
f. Render : melihat hasil gambar.
g. Material : untuk pewarnaan
h. Texture : untuk menambahkan texture.


C. Proses pembuatan 3d

Saat ingin membuat animasi 3d ada beberapa proses yang harus diperhatikan misalnya sebagai berikut :
  • Modelling, proses pembuatan objek 3d dikomputer. model dapat beruba manusia, hewan, tumbuhan atau berupa benda mati seperti mobil atu motor. untuk lebih proporsional model yang dibuat harus sesuai dengan sketsa desain atau model yang dibuat.
  • Texturing, proses pembuatan pemberian warna dan material objek yang sudah dimodelkan sebelumnya sehingga lebih tampak suatu kesan nyata.
  • Rigging merupakan proses pembuatan tulang. atau fungsi pada objek yang fungsinya sama seperti tulang.
  • Lighting, Proses pembuatan atau poemberian cahaya pada objek sehingga diperoleh kesan visual yang realistis. karena ada kesan bayangan (shadow).
  • Tracing yaitu proses membuat objek 3d dengan teknik meniru atu menjiplak objek gambar.
  • Render yaitu proses akhir dari pembuatan animasi, atau cara kerjanya merubah format file dari software aplikasi pengolah 3dimensi menjadi bentuk file film atu video seperti mp4 atau yang lainnya.
  • Animasi / animation yaitu proses membuat objek menjadi bergerak atau hidup.

D. Software 3 Dimensi

Banyak sekali software software yang dapat digunakan dalam pembuatan animasi 3dimensi diantaranya Auto desk Maya, Auto desk Maya 3DMask, Posser, Zbrush, lightwave, Carara, cinema 4d, Autodesk Mudbox, Dan Blender.

E. Contoh Animasi 3D

1. Toys story
2. Adit sopo jarwo
3. Paranorman 

SOAL TEORI KOMPETENSI ANIMASI 3 D  :


1.  ketika kita hendak merender, maka tombol pada keyboard untuk mengeluarkan perintah menu render adalah ...

  • F9
  • F4
  • 8
  • M
  • H

2. untuk mengembalikan tampilan poligon pada obyek, maka yang ditekan pada keyboard adalah 
  • F10
  • F4
  • 8
  • M
  • H


3. Alasan kita menggunakan shortcut
  • mempermudah pekerjaan dengan menyingkat waktu dalam memberi perintah.
  • supaya kita lebih mudah memahami software
  • supaya keyboardnya tidak menjadi sia-sia
  • ada beberapa perintah yang hanya bisa dilakukan dengan keyboard
  • supaya pekerjaan kita lebih akurat
4. “Alt+R” berarti ...
  • mengembalikan obyek ke bentuk sebelum di rotasi
  • mengembalikan obyek ke bentuk awal
  • supaya kita lebih mudah memahami software
  • supaya keyboardnya tidak menjadi sia-sia
  • mengembalikan obyek ke bentuk sesudah dirotasi
5.  menyeleksi dari tepi garis yaitu ...
  • vertex
  • face
  • object mode
  • edge
Share:

1 comment:

About Me

My photo
semanu, wonosari, D.I. Yogyakarta, Indonesia
Saya Bagas Ihclasulamal, saya anak tunggal dan saya tinggal disemanu. saya suka sepakbola....
SELAMAT DATANG DI SEVENFIVE MEDIA :)

Labels