Tuesday 16 July 2019

Production dalam animasi


Production dalam pembuatan animasi


  

 Production pipeline

 Production pipeline dalam animasi merupakan proses penciptaan suatu animasi dimulai dari pengembangan cerita sampai pada proses penyelesaian suatu film animasi.

Pada dasarnya ada 3 tahapan dalam Production pipeline animasi pada umumnya, yaitu tahap :

1. Pre-production ( pra-produksi ) : merupakan suatu tahap yang dimulai dari suatu ide cerita, pengembangan cerita animasi, pembuatan concept , design karakter, storyboard serta animatic awal untuk mengetahui timing animasi secara keseluruhan.

2. Production ( produksi ) : yaitu suatu tahap dimana proses pembuatan modeling 3d suatu karakter dan props yang sudah disetujui dimulai. Diikuti dengan proses texturing, rigging karakter, layout animasi untuk preview dan penggerakkan animasi sesuai dengan timing dari layout yang sudah dibuat , lighting serta rendering dan pemberian visual effect.

3. Post Production ( post-produksi ) : merupakan tahap dimana hasil animasi dari tahap produksi digabungkan dalam proses compositing, pemberian effect tambahan, pembetulan warna ( color correction ), pemberian audio, serta finalisasi sampai menjadi suatu produk animasi akhir.

   Memasuki tahap produksi berarti film animasi yang ingin diproduksi sudah memasuki tahap dimana semua proses pra-produksi yaitu penentuan cerita serta penulisan script nya, pembuatan concept karakter dan props yang akan dibuat, alur cerita storyboard dan timing animatic sudah disetujui oleh director, produser serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam pembuatan animasinya.

Tahap yang terdapat dalam proses produksi yaitu :

  1. modelling
  2. layout
  3. texturing
  4. rigging
  5. vfx
  6. animasi
  7. lighting
  8. renderring

untuk kalian yang ingin mengetahui proses pra- produksi kalian bisa kunjungi  dapoeranimasi.com
sekian dari saya terimakasih .

Share:

1 comment:

About Me

My photo
semanu, wonosari, D.I. Yogyakarta, Indonesia
Saya Bagas Ihclasulamal, saya anak tunggal dan saya tinggal disemanu. saya suka sepakbola....
SELAMAT DATANG DI SEVENFIVE MEDIA :)

Labels