Tuesday 23 October 2018

IPTEK pengertian ilmu pengetahuan, teknologi, dan Iptek bidang pendidikan

IPTEK

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek saat ini tidak terbendung, karenanya kita kita harus pintar pintar dalam menyikapinya. Iptek sendiri dapat memberikan keuntungan bagi kita dan juga dapat memberikan efek nigatif bagi kita, Akan tetapi itu semua tergantung pada kita yang menyikapinnya. Ok sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Iptek itu sendiri, mungkin dari kita masih asing dengan istilah iptek itu sndiri, karena itu mari kita simak ulasan berikut.


Pengertian Iptek

    Iptek merupakan singkatan dari 'imu pengetahuan dan teknologi' yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan wawasan atau pengetahuan dibidang teknologi. atau definisi iptek adalah sesuatu yang berhubungan dengan teknologi baik penemuan baru atupun perkembangan dari penemuan teknologi sebelumnya.

https://kulpulan-materi.blogspot.com/2017/09/manusia-sebagai-subjek-dan-objek-iptek.html
Iptek ilmu pengetahuan teknologi


Manfaat Iptek

     Dalam penggunaannya , IPTEK memiliki berbagai manfaat untuk berbagai sektor kehidupan. Dengan memanfaatkaan IPTEK, banyak hal yang dapat dicapai.
Berikut manfaat IPTEK :
1. Segala hal menjadi lebihh mudah
     Dengan adanya penemuan yanng menggunakan IPTEK, khidupan manusia akan menjadi lebih mudah dan bisa dijangkau.
2. Membantu penyelesaian permasalahan manusia
    Kehidupan tanpa masalah adalah sesuatu hal yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan manusia. dengan ditemukannya inovasi inovasi teknologi akan memudahkan manusia menyelesaikan masalah manusia.
3. Kehidupan menjadi lebih maju
    Dengan memanfaatkan teknologi dengan optimal dan sesuai dengan fungsinya, kehidupan akan menjadi lebih maju dan bisa meningkatkan manfaat diberbagai bidang kehidupan.
4. Mengoptimalkan bisnis
    Berbagai bidang bisnis bisa ditunjang dengan teknologi yang dioptimalkan penggunanya. Keuntungan bisnis akan meningkat jika pengguna teknologi dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang ada.
5. Komunikasi menjadi lebih mudah
       Teknologi juga dapat meningkatkan fungsi komunikasi menjadi mudah. komunikasi bisa dilakukan tanpa batas dan tanpa jarak. Dengan adanya dukungan yang sangat canggih, kemungkinan untuk melakukan komunikasi jarak jauh akan sangat mudah didapatkan dimanapun anda berada.


Iptek dibidang pendidikan

    Iptek dibidang pendidikan menjadikan siswa dan guru dapat belajar mengajar dengan lebih mudah dan efektif. Akan tetapi belum sepenuhnya daerah di indonesia yang terjangkau oleh teknologi , masih banyaknya daerah yang belum terjangkau mengharuskan kita seefektif mungkin memanfaatkan teknologi yang ada untuk kegiatan belajar.

E Book (Buku elektronik)

a) E Book
    merupakan jenis buku elektronik yang berbentuk softcopy yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan handphone/ tablet. E Book memiliki berbagai format penyimpanan yang dapat dibuka di perangkat elektronik, seperti PDF,TXT,HTML,XML,Mobi.

b) Aplikasi belajar
     saat ini muncul berbagai aplikasi belajar baik itu berbayar ataupun gratis (free). Aplikasi belajar ini memudahkan bagi siswa yang sulit mencerna pembelajaran secara langsung oleh guru, selain itu dengan aplikasi ini kita dapat belajar dimanapun bahkan kapanpun.  


Itulah pengertian iptek beserta manfaat dan iptek dibidang pendidikan. Penggunaan iptek dikehidupan sehari hari beragam jenisnya. Berbagai manfaat dapat kita dapatkan dengan mudah dengan mengoptimalkan berbagai teknologi yang ada saat ini. Dengan demikian, kehidupan manusia akan menjadi semakin maju dan akan menimbulkan banyak dampak yang positif.
       
 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

About Me

My photo
semanu, wonosari, D.I. Yogyakarta, Indonesia
Saya Bagas Ihclasulamal, saya anak tunggal dan saya tinggal disemanu. saya suka sepakbola....
SELAMAT DATANG DI SEVENFIVE MEDIA :)

Labels